Cara Menyambungkan Printer ke Laptop

Cara Menyambungkan Printer ke Laptop – Di era modern seperti sekarang ini, pemakaian laptop memang menjadi sebuah tuntutan pekerjaan. Sebab laptop dinilai lebih praktis dan dapat dibawa kemanapun anda mau. Bukan hanya di situ saja, pemakaian printer juga sama pentingnya dengan laptop. Sebab teknologi printer berfungsi mencetak file dokumen atau foto dan gambar yang terdapat di dalam laptop. Meski begitu, masih banyak orang yang awam dengan penggunaan keduanya, khususnya dalam cara menyambungkan printer ke laptop.

Panduan Cara Menyambungkan Printer ke Laptop

Cara Menyambungkan Printer ke Laptop

Paling tidak ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisa menyambungkan laptop ke printer. Sebenarnya cara ini cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri walaupun anda baru pertama kali melakukannya. Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini sehingga anda bisa memperoleh kemudahan ketika bekerja.

Dengan mengikuti panduan cara menyambungkan printer ke laptop, maka anda sekarang tidak perlu bingung lagi dengan teknologi yang ada pada printer dan laptop ini. Daripada anda semakin penasaran, langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengatur Printer di Dekat Laptop

Di dalam tahap pertama, anda harus mendekatkan perangkat printer dengan laptop. Ini menjadi hal penting, sebab bisa memudahkan anda merekatkan kabel perangkat agar bisa mencapai ke laptop tanpa merenggang.

Menyalakan Printer

Bila anda sudah mendekatkan perangkat printer ke laptop, langkah selanjutnya nyalakan perangkat printer anda. Supaya bisa menyala, anda harus menghubungkan perangkat printer ke sumber daya listrik terlebih dahulu.

Gunakan Kabel USB untuk Menghubungkan Laptop dan Printer

Selanjutnya anda tinggal hubungkan USB perangkat printer anda pada laptop. Di dalam tahapan ini, anda harus memastikan bahwa laptop dalam kondisi menyala dan tidak terkunci. Sebab bila terkunci, anda tidak bisa secara langsung mencetak menggunakan perangkat printer.

Buka Start pada Laptop dan Klik Setting

Langkah yang bisa ditempuh sebagai cara menyambungkan printer ke laptop yaitu dengan membuka Start yang berada di pojok kiri bawah, lalu pilih Setting. Biasanya Setting ada di sisi kiri bawah jendela Start. Lalu klik Device dan klik tab Printer and Scanner di sebelah kiri jendela.

Bila hal itu sudah dilakukan, anda tinggal klik tombol Add Printer or Scanner. Tombol ini umumnya berada di bagian atas halaman. Klik nama pencetak dengan kombinasi produsen perangkat printer, nama model dan juga nomor model printer.

Ikuti Petunjuknya

Langkah terakhir agar bisa menyambungkan perangkat printer dengan laptop adalah mengikuti petunjuk yang ada. Di dalam tahapan ini, umumnya berbeda print tentu pengaturannya juga berbeda. Sebab anda harus sesuaikan pengaturan sebelum print siap.

Bila proses tersebut sudah siap, print dapat digunakan dengan baik. Dalam tahapan ini, anda harus tahu kadang anda harus memasukkan CD yang disertakan pada print ke laptop. Jika memakai print bekas tanpa CD, anda dapat mengunduh softwarenya pada web produsen.

Menyambungkan Printer dengan Laptop Via Wifi

Selain menggunakan kabel USB, cara menyambungkan laptop ke printer juga bisa dilakukan melalui wi-fi. Caranya juga tidak rumit, di sini anda tinggal menyalakan wi-fi router dan laptop. Lalu nyalakan printer, masuk menu Start dan buka Control Panel. Lalu pilih pengaturan Wireless Setting, pilih Wireless SSID dari jaringan wi-fi tersebut.

Masukkan password yang didapat dari setting password pada wifi router. Password dari WEP menjadi kata sandi yang dimasukkan atau password default WPA pada router. Bila printer sudah tersambung di jaringan wi-fi, tinggal tambahkan printer wireless ke laptop. Anda bisa melakukan proses print seperti saat menggunakan kabel USB di atas.

Melalui cara menyambungkan printer ke laptop tersebut, kini anda tidak bingung lagi menggunakan teknologi printer dan laptop yang canggih ini. Semuanya bisa menjadi lebih mudah dan pekerjaan anda juga bisa cepat selesai.

Instal Menggunakan CD Drive

Untuk memasang printer ke komputer atau ke laptop maka anda bisa menggunakan CD Driver, anda harus menyiapkan CD Driver yang sesuai dengan merek dari printernya. Kemudian anda bisa memasukkannya ke dalam ROM driver komputer atau ROM eksternal driver ( jika tidak punya ).

Setelah anda berhasil untuk masuk ke halaman pemasangannya, maka anda bisa mengikuti semua petunjuk yang sudah di lampirkan dengan mudah.

Setelah selesai dan proses pemasangan sudah tepat dan sempurna maka anda bisa mengeluarkan CD Driver. Kemudian anda bisa mengecek apakah di bagian printer anda faxes pada menu control panelnya sudah terpasang.

Jika CD Driver printernya masih bermasalah maka anda biasanya disarankan untuk memasang CD Driver baru atau bisa juga dengan mengunjungi situ layanan dari produsen yang sesuai dengan merk printer yang sudah anda instal.

Install tanpa harus menggunakan CD Driver

Jika anda anda mengalami kehilangan CD Driver, maka anda bisa mengikuti beberapa tips lain untuk bisa melakukan instal CD Driver. Dan beberapa tips yang bisa anda lakukan adalah:

•             Buka menu control panel lalu masuk ke devices and printer

•             Kemudian anda bisa lakukan add a printer lalu anda bisa melakukan next untuk ketahapan selanjutnya

•             Pada tahapan ini akan muncul pilihan untuk printer port. Anda bisa menggunakan port yang memang sudah direkomendasikan untuk bisa mengatur pilihan mana yang terbaik

•             Selanjutnya anda bisa melakukan pengecekan dari situs resmi dari merek printer yang sudah anda beli. Lalu anda bisa mencari link untuk bisa melakukan download software.

Anda juga tidak perlu khawatir karena sudah banyak sekali produsen komputer yang sebenarnya menyediakan perangkat lundak dan CD Driver dari beberapa situsnya yang bisa anda unduh dengan cara gratis. Jika berhasil mengunduh anda tinggal memasang printer kembali.

Kunjungi Juga:

Rate this post